Jumat, 25 Maret 2016

bab II ktsp

BAB II
TUJUAN PENDIDIKAN

A.    Tujuan Pendidikan Nasional
Tujuan pendidikan Nasional tercantum pada Undang-Undang Dasar Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) pada bab II pasal 3 yaitu tujuan pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.
B.     Tujuan Pendidikan Dasar
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan yang lebih lanjut.
C.    Visi,  Misi dan Tujuan MI NU Miftahut Thullab Garung Kidul
1.      Visi Madrasah
“BERAKHLAK ISLAMI DAN BERPRESTASI”
Indikator Visi :
a.         Menjadikan peserta didik yang beriman kepada Allah Yang Maha Esa.
b.         Menjadikan peserta didik yang bertaqwa kepada Allah Yang Maha Esa.
c.         Menjadikan peserta didik memiliki akhlak mulia.
d.        Menumbuhkan penghargaan terhadap ajaran agama Islam yang berwawasan Aswaja.
e.         Menjadikan peserta didik yang berilmu pengetahuan dan teknologi serta mengembangkan prestasi akademik dan non akademik.
2.      Misi MI NU Miftahut Thullab Garung Kidul
1.      Menjadikan Agama sebagai prioritas utama dengan mengedepankan akhlaqul karimah.
2.      Meningkatkan kwalitas lulus dari tahun ketahun.
3.      Menjalin kerja sama yang erat dengan masyarakat, pemerintah, dan instansi yang terkait.
3.      Tujuan MI NU Miftahut Thullab Garung Kidul
Secara umum tujuan MI NU Miftahut Thullab Garung Kidul adalah mempersiapkan dan membekali peserta didik dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Bertolak dari tujuan umum pendidikan dasar tersebut, MI NU Miftahut Thullab Garung Kidul mempunyai tujuan sebagai berikut :
1.        Memiliki kemampuan dan kesadaran dalam melaksanakan ibadah sehari-hari.
2.        Membiasakan diri mewujudkan pola kehidupan islami serta mampu berprilaku yang baik sebagai cermin akhlaqul karimah di lingkungannya.
3.        Mampu mengarahkan siswa untuk meningkatkan prestasi belajar dan bekal keterampilan.
4.      Sasaran MI NU Miftahut Thullab Garung Kidul
a.          Peserta didik dari kelas I s/d VI dapat bersikap dan berprilaku dalam ucapan maupun perbuatan secara Islami.
b.         Peserta didik kelas I s/d VI dapat hafal do’a-do’a harian.
c.          Peserta didik kelas I s/d VI hafal Asmaul Husna.
d.         Peserta didik kelas VI hafal surat-surat pendek juz 30.
e.          Seluruh Peserta didik dapat membaca Al Qur’an dengan baik dan benar.
f.          Peserta didik dapat melaksanakan sholat  wajib lima waktu.
g.         Peserta didik kelas I s/d VI dapat menjunjung tinggi serta mematuhi semua aturan-aturan madrasah baik tertulis maupun tidak tertulis.
h.         Semua peserta didik dapat menguasai ilmu umum dan agama sesuai dengan tingkatannya .
i.           Semua peserta didik dapat mengimplementasikan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari.
j.           Minimal 20 % dari jumlah lulusan peserta didik dapat  melanjutkan pendidikan disekolah favorit.
k.         Peserta didik kelas I s/d VI senantiasa menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan.
l.           Peserta didik dapat memiliki rasa peduli terhadap kelestarian alam dan lingkungan.
m.       Pada tahun pelajaran 2014/2015 peserta didik dapat naik kelas 100 % secara normatif.
n.         Peserta didik memperoleh juara pada setiap event/lomba olah raga dan seni ditingkat kecamatan/kabupaten/propinsi.
5.      Program MI NU Miftahut Thullab Garung Kidul
1)         Setiap jam 06.45.s.d 07.00 peserta didik membaca Asmaul Husna.
2)         Pengumpulan amal jariyah pada setiap hari Kamis.
3)         Pembiasaan mengucapkan salam :
a)        Ketika bertemu sesama warga madrasah.
b)       Ketika mengawali dan mengakhiri pelajaran.
c)        Setiap masuk dan keluar dari ruang kantor dan ruang kelas.
4)         Pembiasaan berjabat tangan peserta didik ketika :
a)        Awal masuk setelah berdoa dengan guru.
b)       Bertemu dengan sesama peserta didik ketika datang dan pulang (putri dengan putri, putra dengan putra).
c)        Berpamitan dengan bapak/ibu guru setelah jam pelajaran terakhir.
5)         Pembiasaan berdo’a ketika :
a)        Keluar masuk kamar mandi dan WC.
b)       Naik kendaraan.
c)        Akan belajar dan selesai belajar.
6)         Pembiasaan selalu mengucapkan kalimat tayyibah.
7)         Membentuk guru pembimbing untuk pelajaran agama dan kegiatan keagamaan.
8)         Pembiasaan selalu berpakaian seragam yang bersih dan rapi untuk semua warga madrasah.
9)         Pembiasaan selalu datang tepat waktu sesuai dengan tata tertib madrasah untuk semua warga madrasah.
10)     Pembiasaan selalu menjaga kebersihan kelas dan lingkungan.
11)     Melaksanakan kebersihan lingkungan madrasah melalui kegiatan Sabtu Sehat dan Sabtu Bersih.
12)     Melaksanakan penanaman pohon dan tanaman hias di lingkungan madrasah.
13)     Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan PAIKEMGEMBROT.
14)     Mengadakan penambahan jam pelajaran mapel UN untuk kelas VI.
15)     Mengadakan telaah SKL UN dan UM untuk guru kelas IV s/d VI.
16)     Mengadakan bimbingan belajar untuk siswa lambat belajar.
17)     Melengkapi buku sumber pembelajaran.
18)     Melengkapi media / alat peraga pembelajaran.
19)     Mengoptimalkan fungsi perpustakaan.
20)     Mengadakan kegiatan KKG guru kelas tingkat satuan pendidikan dan KKM tingkat kecamatan dan kabupaten;
21)     Menyelenggarakan evaluasi yang meliputi:
a)        Ulangan harian.
b)       Ulangah tengan semester.
c)        Ulangan semester.
d)       Ulangan kenaikan kelas.
e)        Ujian madrasah (tulis dan praktek).
f)        Ujian nasional.
22)     Pelaporan hasil belajar
a)        Raport
b)       SKHUN
c)        Ijazah/STTB
23)     Menyertakan peserta didik dalam event/ lomba mata pelajaran.
24)     Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi.
25)     Penyelenggaraan pembinaan kegiatan kepramukaan (sebagai ekstrakurikuler wajib), olah raga dan seni  dalam bentuk kegiatan ektrakurikuler.
26)     Pengadaan sarana olah raga.
27)     Pengadaaan sarana kesenian drumband.
28)     Menyediakan pelatih  profesional dari luar madrasah.
29)     Pengadaan sarana sanggar pramuka.
30)     Mengikut sertakan pembina atau peserta didik dalam kegiatan-kegiatan peningkatan keilmuan dan ketrampilan pramuka, misalnya penataran, pendidikan dan lain-lain.

31)     Mengikuti kompetisi kegiatan kepramukaan ditingkat kecamatan, dan kabupaten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar